Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh... Mohon Di isi Buku Tamunya ya kalau mampir, Terima kasih... ^_^

Senin, 06 Juni 2011

Menghilangkan Pegal2,rasa sakit,nyeri otot setelah berolahraga (Fitness/nge-Gym)

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Pertama latihan fitness, emang besoknya badan saya langsung sakit dan pegel minta ampun. Ampe mandi dan nyisir rambut aja susah. Hehe. Tp itu wajar bagi orang yg pertama kali ikut fitness, karena otot di tubuh kita 'rusak' dan terjadi pemecahan otot. Itu pun hanya 2 hari. Setelahnya ga sakit lagi, karena tubuh kita adaptasi dan lama2 terbiasa. Pokoknya yang penting kita jangan males dan kapok fitnes cuma karena pegel, itu hanya permulaan saja kok. Setelah itu kita sendiri yg menerima manfaatnya. Ini ada tips bagi temen yg hobi fitnes ato ingin memulai fitnes :

Jika badan Anda terasa sakit-sakit setelah olahraga, terlebih saat pertama kali berolahraga dialami banyak orang. Karena hal ini, akhirnya orang malas untuk berolahraga.

Rasa sakit atau nyeri pada otot yang timbul merupakan masa adaptasi untuk membuat otot menjadi lebih kuat sehingga perlunya latihan lebih berat setelahnya. Ini masa pembentukan otot Anda, orang justru salah persepsi dan sebaiknya Anda tidak patah semangat atau justru berhenti berolahraga. Sebenarnya ini proses yang menguntungkan dengan begitu latihan Anda tidak sia-sia dan perlu di latih terus agar terbiasa. Yang muncul antara 24-48 jam setelah berolahraga. Kondisi ini normal dan dikenal sebagai nyeri otot tertunda

Ada baiknya Anda melakukan 5 hal berikut untuk mengurangi rasa sakit setelah berolahraga, yaitu
1. Istirahat total
2. Oleskan obat anti peradangan
3. Melakukan peregangan / pendinginan
4. Mengompres dengan es
5. Pemijatan pada otot

Setiap beban kerja bertambah maka otot-otot ini didorong untuk bertahan. Akibatnya otot menjadi stres dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi inilah yang terjadi saat orang pertama kali olahraga atau mencoba berolahraga yang lebih berat dibanding sebelumnya.

Untuk pertama berolahraga lakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu karena bisa mengurangi rasa nyeri yang timbul setelah latihan.

Saran saya : Mulailah dengan melakukan olahraga ringan lalu secara bertahap ditingkatkan intensitas dan frekuensinya serta periodenya. Melakukan pendinginan tepat 10 menit sebelum olahraga berakhir cara ini juga bisa memberikan mengurangi rasa nyeri yang akan timbul.

Mitos -Mitos Fitness Yang Menyesatkan : 

Jika anda sudah pernah mendengar banyak hal tentang fitness, sebaiknya kita mulai cek kebenarannya dari mitos-mitos dibawah ini. Ada 9 mitos terbesar tentang fitness yang perlu anda segera ketahui :

Mitos 1
Berlari adalah cara terbaik untuk sehat

Hei…tidak ada satu cara terbaik untuk menjadi lebih sehat. Lakukan apa yang yang anda sukai atau anda akan segera punya alasan untuk segera berhenti olahraga.

Mitos 2
Turunkan 10 kg dalam 10 hari (atau semacamnya)

Yang satu ini benar-benar pas dikeinginan kita. Tetapi menghilangkan berat badan secara instan? Inilah kehebatan marketing produk fitness dan kesehatan. Tubuh kita membutuhkan adaptasi dan kehilangan berat badan dalam waktu singkat bisa menimbulkan dampak seperti kulit keriput karena kulit belum sempat menyesuaikan dengan ukuran tubuh yang baru.

Mitos 3
Pemanasan sebelum latihan tidak penting selama kita hati-hati

Salah! Pemanasan dan stretching untuk otot kita sebelum (dan sesudah) latihan adalah pertahanan terbaik dari cedera olahraga.

Mitos 4
Anda bisa menurunkan berat dengan diet

Tidak juga, lebih dari 90 persen orang yang menurunkan berat badan dengan diet akan segera naik lagi beratnya. Diet sangat berbeda dengan merubah kebiasaan makan. Jika kita tidak pernah merubah kebiasaan makan dan hanya melakukan suatu ritual tertentu saja dan kemudian berhenti, maka berat badan kita akan segera naik. Ubah gaya hidup anda baik makanan maupun latihan karena kombinasi keduanya akan mempertahankan berat badan anda tetap ideal.

Mitos 5
No pain, no gain

Wow, yang ini bisa lebih berbahaya. Sakit adalah tanda dari tubuh bahwa ada sesuatu yang salah. Jika anda terus merasakan sakit selama latihan, anda jangan memaksakan diri. Sebaiknya segera periksa penyebab rasa sakitnya. Untuk menambahkan otot dan kekuatan anda perlu berlatih sampai merasa penat, tetapi bukan sakit.

Mitos 6
Daging steak yang tebal adalah makanan yang tepat sebelum latihan karena membuat otot

Yang kita butuhkan saat berlatih adalah energi, dan daging bukan sumber energi yang bagus. Sumber energi terbaik adalah karbohidrat seperti nasi, roti, kentang. Ini adalah sumber energi yang bisa cepat digunakan oleh tubuh.

Mitos 7
Waktu terbaik untuk berlatih adalah pagi hari

Tidak benar, tidak ada waktu terbaik untuk berlatih. Waktu yang terbaik adalah yang bisa membuat anda merasa sangat berenergi dan sesuai jadwal anda. Ada orang yang menyukai latihan pada pagi hari, tetapi ada juga yang suka berlatih sore hari setelah kerja untuk melepas stress.

Mitos 8
Melatih bagian tubuh yang sama setiap hari adalah cara tercepat untuk membentuk otot

Melatih bagian tubuh yang sama setiap hari adalah cara tercepat untuk cedera! Untuk membentuk otot, anda sebaiknya melatih otot anda sangat keras (bukan sering) dengan beban terberat yang otot anda mampu. Tetapi kemudian anda harus memberikan waktu istirahat dan pemulihan untuk otot anda.

Mitos 9
Wanita yang angkat beban akan membentuk otot yang besar

Salah juga, karena otot bisa membesar lebih karena hormon testosteron yang banyak dimiliki oleh pria (walaupun wanita memiliki juga tetapi tidak cukup banyak untuk membentuk otot besar). Jika anda pernah melihat wanita binaraga, itu adalah karena mereka menggunakan steroid dan kadar lemak yang sangat rendah sehingga otot mereka bisa membesar melebihi batas wanita. Latihan fitness untuk wanita sebenarnya akan membuat tubuhnya lebih terbentuk indah dan ramping.


Orang lain mencari artikel ini dengan keyword :

Sumber 1 dan Sumber 2



Follow Me on Twitterfree counters
Read more : http://www.wakrizki.net/2011/02/membuat-komentar-facebook-sederhana.html#ixzz1edscyuUm

6 komentar:

  1. ini tips yang ane cari, pasti abis olahraga, badan ane jadi pegel

    BalasHapus
  2. Artikelnya sangat bermanfaat. Sangat berguna buat yang gemar olah raga.

    Thanks

    BalasHapus
  3. Makasih cara mengatasi pegalnya bro
    Gue mau coba udah pegal

    BalasHapus


Main Hamster Yu..

(Klik Untuk Memberi Makan Hamster)



Sambil Dengerin Musik juga yu :


Ust Jefri :
Opick :
Ungu :
Dadali :
Wali :

Di Share and Like yuk :

Suka?
Tolong kasih tahu ke temen-temen kamu ya,
Gampang kok tinggal klik tombol SHARE atau LIKE dibawah ini kemudian login ke facebook atau twitter kamu deh.
Thanks. Mudah-mudahan bermanfaat.
Salam hangat. Nasrul Pradana, ^_^
===========================================================